Tuesday, 23 May 2017
Desa Tanjungalai Wakili Kecamatan SP Padang

Desa Tanjungalai Wakili Kecamatan SP Padang

Untuk memacu kinerja dalam mendukung pembangunan dan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang bermanfaat, perlombaan merupakan salah satu barometer untuk mengukur hasil yang maksimal. Untuk itu, Pemerintah Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), menyeleksi dan menilai setiap desa yang terpilih di kecamatan masing-masing untuk dikirim sebagai perwakilan Kabupaten OKI pada lomba 10 Program PKK dan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKI, Hj Lindasari Iskandar yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua 1 TP PKK OKI, Muhiria Herry pada saat menyambangi Desa Tanjungalai Kecamatan SP Padang untuk melakukan penilaian, Selasa (16/5/2017).

Lebih lanjut dikatakannya, Desa Tanjungalai Kecamatan SP Padang merupakan desa yang terpilih untuk mewakili kecamatannya pada perlombaan ditingkat kabupaten.

Kegiatan ini dijelaskannya, merupakan program nasional yang mencari desa terbaik dalam lomba 10 Program PKK dan P2WKSS, dengan tahapan dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional.

“Bagi desa yang mendapatkan nilai terbesar ditingkat kabupaten akan kita kirim sebagai perwakilan Kabupaten OKI untuk bersaing ditingkat Provinsi Sumsel,” jelasnya sembari mengatakan mekanisme yang bakal dilakukan tim kabupaten yakni melakukan seleksi dengan cara penilaian.

Muhiria juga berharap, pada perlombaan 10 Program PKK dan P2WKSS ini, Kabupaten OKI dapat terpilih kembali untuk mewakili Provinsi Sumsel dikanca nasional.

“Kita akan mencari desa yang terbaik untuk dapat kembali mengharumkan nama Kabupaten OKI, seperti yang pernah diraih oleh Desa Terate Kecamatan SP Padang pada perlombaan Posyandu di tahun 2015 lalu, dengan menorehkan prestasi sebagai juara harapan dua ditingkat nasional,” bebernya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten OKI yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa dan Pembinaan, Fauzan Nasrul SSos mengatakan, ini merupakan kunjungan ke-5 yang telah kita lakukan, adapun diantaranya yakni Kecamatan Pedamaran, Tanjung Lubuk, Teluk Gelam, Jejawi dan hari ini di Kecamatan SP Padang,” katanya sembari mengatakan desa ini mewakili dua kategori yakni, Lomba 10 Program PKK dan P2WKSS.

Adapun tim penilai dari kabupaten yakni terdiri dari TP PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan Perindustrian, Dinas Perberdayaan Perempuan, PMD, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Dinas Pendidikan dan juga dinas terkait lainnya,” jelasnya.

Sebelumnya, Camat SP Padang, Herliyansyah Hilaludin STTP didampingi Kepala Desa (Kades) Tanjungalai, Kasmir Marta Dinata mengungkapkan bahwa Desa Tanjung Alai, secara kualifikasi lebih baik dibanding desa lainnya. Seperti kader PKK dan keaktifan peran perempuannya. Serta adanya usaha kerajinan tangan dan telur asin yang cukup banyak melibatkan perempuan dan ibu ruman tangga.

“Sehingga dari poin poin yang dilombakan, desa ini kami wakilkan untuk lomba di tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.