Thursday, 19 October 2017
PENGUMUMAN TERBARU
Air Sugihan Juara Umum Lomba Qasidah Rebana Tingkat Kabupaten OKI

Air Sugihan Juara Umum Lomba Qasidah Rebana Tingkat Kabupaten OKI

Guna melestarikan musik islami, qasidah, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali menggelar lomba Qasidah Rebana yang diikuti oleh 18 Kecamatan di Kabupaten OKI, Senin dan Selasa (10-11/4) di gedung kesenian Kayuagung. Dari 18 kecamatan tersebut, sedikitnya 25 grup yang ikut berkompetisi.

Pada perhelatan tersebut, Kecamatan Air Sugihan jatuh sebagai juara pertama untuk cabang qasidah murni. Sedangkan yang jatuh sebagai juara cabang qasidah modern adalah Kecamatan Lempuing Jaya.

Dikatakan ketua pelaksana kegiatan sekaligus Kepala Bagian Kesra,H. Reswandi bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunan. “Tujuannya kita ingin melestarikan salah satu jenis kesenian yang bernuansa islami ini. Selain itu untuk memperkokoh silaturrahmi serta menuju masyarakat islam yang qurani,” ucapnya.

Selain itu, menurutnya, kegiatan tersebut juga dilaksanakan untuk menjaring bakat dan potensi yang ada di Kabupaten OKI. “Nantinya, para pemenang pada ajang ini akan kita proyeksikan untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi,” jelasnya.

“Untuk lomba ini sendiri, ada dua jenis yaitu qasidah rbana klasik dan qasidah rebana modern. Yang modern itu yang menggunakan alat musik modern seperti keyboard sedangkan kalau yang klasik itu menggunakan alat yang tradisional,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Bupati OKI, H Iskandar SE melalui Asisten I Sekretatiat Daerah (Setda) Kabupaten OKI, Antonius Leonardo memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan itu. Menurutnya, kegiatan tersebut selain dapat mengenbangkan potensi yang ada di Kabupaten OKI, juga dapat memperkuat keimanan.

“Qasidah ini musik yang islami, jadi tentunya ini sangat baik karena dapat meningkatkan keimanan serta silaturrahmi karena musik dan lagu yang dimankan bernuansa islami,” katanya saat membuka acara.

Dirinya mengharapakn, kegiatan tersebut dapat melahirkan kelompok-kelompok qasidah rebana yang berkwalitas. “Saya sangat mengharapkan dari kegiatan ini akan lahir kelompok yang berkwalitas yang dapat membanggakan dalam kompetisi baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Saat penutupan, H Iskandar SE melalui Asisten Bidang Kesos H. Antonius Leonardo memberikan apresiasi kepada para pemenang. “Kami mengucapkan selamat kepada para juara. Dalam suatu perlombaan sudah tentu ada yang memang ada yang kalah, kepada yang menang untuk dapat terus mempertahankan dan meningkatkan prestasinya dan kepada yang belum berhasil untuk terus berusaha dan jangan menyerah,” jelasnya.

Berikut daftar juara tim qasidah rebana tingkat Kabupaten OKI.

Qasidah murni
3. Sp padang (almunawaroh)
2. Kecamatan pedamaran
1. Kecamatan air sugihan

Qasidah rebana modern
3. Pampangan
2. Pedamaran
1. Lempuing jaya

Favorit
Kecamatan lempuing

Terheboh
Jejawi

TerPD
Pedamaran timur