Tuesday, 23 May 2017
Pasar Bertingkat Kayuagung Bakal Buka Hingga Malam

Pasar Bertingkat Kayuagung Bakal Buka Hingga Malam

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), bersama dengan dinas terkait telah menyelesaikan pembangunan tahap akhir dan perawatan gedung pasar bertingkat di samping Shoping Center Kayuagung akhir tahun 2016 lalu. Kini pasar bertingkat siap ditempati pedagang dan rencananya buka hingga pukul 21.00 wib.
 
“Penempatan pedagang pada puluhan los/kios pasar bertingkat akan melalui proses lelang yang dilaksanakan dalam bulan ini. Nantinya pasar itu akan buka hingga jam 9 malam dan meramaikan perkotaan Kayuagung,” ujar Kepala Dinas Perdagangan OKI, S Sudiyanto Djakfar, SSos, M.Si, Selasa (7/3/2017).
 
 
Pihaknya sudah menyelesaikan zona pengelompokan jenis dagangan. Selanjutnya dalam waktu dekat proses penempatan pedagang dengan sistim lelang. “Rencananya penerapan buka hingga jam 9 malam ini bakal dilakukan di akhir bulan maret atau di bulan April,” katanya.
 
Selain itu katanya, pihaknya sedang melakukan klarifikasi untuk mencocokan data kepemilikan kios dan los antara Dinas Perdagangan OKI dengan pedagang. ’’Bukti kepemilikan kios dan los yang ada di tangan pedagangan ap saja, nanti dicocokan dengan data yang kami miliki,’’ tuturnya.
 
Meski penempatan pedagang merupakan ranah Dinas Perdagangan OKI, namun pihaknya tetap melibatkan paguyuban pedagang pasar yakni Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) OKI.
 
“Kios-kios baru itu akan digunakan oleh pedagang yang selama ini berjualan di lantai dasar Shoping Center. Usaha pedagang seperti counter HP, aksesoris, toko emas, dan lainnya. Jika kios sudah beroperasi, rencananya akan buka hingga malam,”targetnya.
 
Alasan hingga malam ujar Sudiyanto, bangunan rehab kios kini seperti semi mall sehingga layak beroperasi dari pagi hingga malam. Ini juga untuk menunjung perkotaan Kayuagung yang selama ini seperti mati suri ketika malam. Bila pasar buka hingga malam, tentu akan meramaikan perkotaan.
 
“Sedangkan area di lantai dasar Shoping Center nantinya akan kosong. Ini bisa dimanfaatkan siapa saja untuk berpromosi atau menggelar even sehingga bisa menambah PAD berupa sewa,”ucapnya optimis