Wednesday, 26 April 2017
PENGUMUMAN TERBARU
MTs Arrahman Pelopor Sekolah Peduli Api

MTs Arrahman Pelopor Sekolah Peduli Api

Sebagai wilayah yang paling banyak mimiliki titik hot spot di Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), MTs Arrahman Desa Riding, Kecamatan Pangkalan Lampam merasa terpanggil untuk turut memikirkan masalah asap ataupun kebakaran hutan dan lahan, oleh karena itu MTs Arrahman sebagai lembaga pendidikan madrasah membuat program Mts peduli api.  Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala yayasan MTs Arrahman pada saat perayaan milad ke-13 MTs Arrahman di Desa Riding, Sabtu (4/3/2017).
 
“Kami merasa terpanggil untuk turut memikirkan masalah asap ataupun kebakaran hutan dan lahan, maka dari itu kami sebagai lembaga pendidikan madrasah membuat program Mts peduli api, dimana kurikulum tentang kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kami masukan didalam salah satu mata pelajaran muatan lokal di sekolah,” ungkap Kepala MTs Arrahman, Hamka Yudha SP.
 
 Masih kata Hamka, selain dari pada itu program madrasah kedepan untuk menciptakan lulusan madrasah yang berkualitas dengan menguasai IPTEK dan IMTAK, dapat dicapai dengan beberapa program lain seperti program yang telah kami jalankan yakni, setiap lulusan MTs harus bisa menguasai tatacara bersuci dari hadas yang besar dan kecil, harus bisa baca tulis al-quran dan mengaji, harus bisa berdoa dengan fasih, harus berlatih menghapal al-quran.
 
“Artinya lulusan kita sudah bebas buta aksara al-quran dan terutama harus bisa menjalankan solat lima waktu beserta gerakan dan bacaan solat,” katanya.
 
Lebih lanjut dijelaskannya, program madrasah berbasis enterpreneur, program ini belum berjalan tetapi sudah kami upayakan dan penjajakan dengan fakultas pertanian universitas Sriwijaya dan insyaallah akan kami usahakan terus sampai program ini bisa terwujud,” jelas Hamka.

Sementara itu, H. Iskandar, SE dalam kesempatan tersebut mengatakan, kedatangan kami untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dan anak-anak disini, dan Insya Allah dengan silaturahim akan mempererat tali persaudaraan kita. Maka marilah kita bersama – sama menjaga tali silaturahmi antara kita.

“Kita juga sangat berterima kasih karena MTS Arrahman telah turut serta untuk mengembangkan dan mencerdaskan masyarakat OKI khususnya bagi anak – anak disini,” tuturnya.

Seperti kita ketahui bersama, kata dia lagi, Mts telah teruji sangat berperan dalam membentuk ukhuwah islamiyah masyarakat. Karena Mts sangat menitikberatkan ilmu keagamaan, dan ini sangatlah penting dan bermanfaat bagi kita semua.

“Tidak ada satupun peradaban di dunia ini tanpa dibekali ilmu pengetahuan, oleh karena itu teruslah dan marilah kita bersama-sama berupaya mencerdaskan masyarakat khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang baik ini, masih kata dia, secara pribadi akan membantu meringankan beban yang dihadapi oleh pihak sekolah dengan menyumbangkan dana, dan semoga bermanfaat serta dapat digunakan sebaik – baiknya.

Terpisah Ketua Dewan Pendidikan, Ir Turmudi ketika diwawancara mengatakan, diversifikasi extra kulikuer bagi anak didik sangat diperlukan, hal ini diberikan sebagai upaya mempersiapkan anak-anak agar peka pada keadaan sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan.
 
“Tanpa extra kurikuler anak-anak didik hanya akan menjadi kutu buku yang sulit menerapkan ilmunya di masyarakat, untuk itu kami dewan Pendidikan Kabupaten OKI sangat mendukung sekali program kurikulum muatan lokal dari MTs Arrahman,” katanya.