Saturday, 19 August 2017
PENGUMUMAN TERBARU
61 Pelajar OKI Antusias Jadi Duta HIV/AIDS

61 Pelajar OKI Antusias Jadi Duta HIV/AIDS

Puluhan pelajar di Kabupaten Ogan Komering Ilir ((OKI) sangat antusias berkompetisi untuk menjadi putra-putri Duta HIV/AIDS yang diselengggarakan Pemkab OKI bekerjasama dengan LSM Sahabat Pelangi dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS se dunia. Pemenang dalam pemilihan putra-putri Duta HIV/AIDS yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Kayuagung kemarin ini akan diikutsertakan pada pemilihan di tingkat provinsi dan nasional beberapa pekan ke depan.

RA Amrina Rosyada SSi Ketua LSM Sahabat Pelangi mengatakan, pihaknya bersama KPA OKI juga sudah melakukan sosialisasi bahaya penyakit tersebut ke masyarakat melalui, ceramah, diskusi dan VTC pada kelompok masyarakat beresiko.

“Lebih lanjut RA.amrina mengatakan pihaknya juga telah mendatangi sekolah-sekolah sehingga pihak sekolah kami undang untuk mengikuti pemilihan ini. Pada kegiatan ini juga diikuti 30 orang Peserta putra dan 31 peserta putri. Memang ada 4 sekolah lain yang kami undang tapi mereka tak merespon,”ujar Amrina.

Tujuan pemilihan bukan hanya mencari pemenang namun mengutamakan peningkatan pengetahuan dan komunikasi informasi HIV dan AIDS pada pelajar, pemuda dan masyarakat. Mengetahui apakah seseorang menderita HIV/AIDS setelah diperiksa medis. Mencetak kader di OKI untuk berperan dalam penanggulangannya.

“RA.Amrina berharap Dukungan moral dan dana dari Pemkab OKI sangat kami harapkan untuk menanggulangi kian bertambahnya jumlah penderita HIV/AIDS di daerah kita ini.

Sekda OKI H Husin SPd MM mengatakan, data yang dihimpun pihaknya sejak beberapa tahun terakhir hingga Desember ini cukup memperihatinkan. “Sudah ada 114 warga yang menderita penyakit tersebut,”tambahnya. Katanya, pergaulan bebas dan peredaran Narkoba di kalangan pelajar di OKI juga memicu tingginya jumlah penderita HIV/AIDS.

Pada acara HIV/AIDS itu juga, di adakan donor darah yang diselenggarakan oleh PMI OKI.