Friday, 15 December 2017
PENGUMUMAN TERBARU
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2016 Kabupaten OKI

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2016 Kabupaten OKI

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2016 Kabupaten Ogan Komering Ilir dilaksanakan di Halaman Pemda Kab OKI Jumat pagi ini (28/10/16), Wakil Bupati OKI H M Rifa’I SE bertindak sebagai Pembina Upacara, sedangkan Pemimpin upacara dari Karang Taruna OKI Septian Virgo dan diikuti peserta upacara PNS, pelajar dan unsur-unsur pemuda OKI.

Adapun tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini yaitu : “Pemuda Indonesia Menatap Dunia” dengan Sub tema :

1. Melalui semangat Pemuda adalah implementasi nilai-nilai Sumpah Pemuda dan Undang-Undang Kepemudaan.
2. Pemuda juga menginspirasi semangat sumpah pemuda, memperkuat karakter pemuda Indonesia yang mampu menjaga Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Membangkitkan Indonesia dalam memantapkan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi.
4. Dengan menatap menumbuhkembangkan Pribadi berkarakter, berkapasitas, keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni.
5. Membangun Dunia karakter kepemimpinan pemuda yang peduli dan profesional.
6. Mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinnekaan.
7. Memacu pemuda sebagai pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia.
8. Sukseskan HSP ke-88 tahun 2016 sebagai tahun kebangkitan ekonomi pemuda.
9. Melalui semangat sumpah pemuda kita perkokoh persatuan bangsa untuk mensukseskan pembangunan pemuda yang berkelanjutan.
10. Melalui sumpah pemuda kita wujudkan pemuda yang maju, mandiri dan profesional.
11. Tingkatkan solidaritas, integritas dan profesionalitas pemuda menuju bangsa yang sejahtera dan negara yang bermartabat.

Sebelum menyampaikan amanatnya Wakil Bupati OKI H M Rifa’I SE memberikan penghargaan kepada pemuda berprestasi baik tingakat provinsi maupun nasioanal.

Wakil Bupati OKI H M Rifa’I SE selaku Pembina upacara dalam amanatnya membacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia Imam Nachrawi, yang antara lain mengutip pernyataan Bung Karno : ” Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya – Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Akhir-ini memang banyak pemuda Indonesia yang mengguncang dunia melalui beberapa bidang, dan Menteri Imam Nachrawi mengajak pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia. Saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia.

Disamping itu Wakil Bupati OKI H M Rifa’I SE mengatakan “Ini adalah momen yang sangat luar biasa, khusunya untuk mengkat lagi semangat pemuda, untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten OKI yang kita cintai. Kita juga berharap dengan adanya momen ini pemuda kita terhindar dari yang namanya narkoba dan kejahatan-kejahatan yang lain.”

Kadispora OKI Drs M Dahlan MM menyampaikan “Kami mengaharapkan dengan peringatan sumpah pemuda ini, kita mengingat kembali bahwasannya pemuda itu adalah masa depan bangsa, jadi sepuluh, dua puluh tahun lagi adalah tanggung jawab pemuda, perlu kita ingatkan kembali kepada para pemuda agar melakukan kegiatan-kegiatan yang positip.”

Semantara itu Ketua Karang Taruna OKI Maulidini SSTP juga mengatakan “Dengan semangat sumpah pemuda ini kita lebih mengarahkan, mengajak para pemuda untuk lebih bersatu dalam meningkatkan program-program kegiatan kepemudaan dan juga lebih membangunkan semangat pemuda untuk memajukan daerah dan memajukan Negara.”

Lebih lanjut Maulidini SSTP mengatakan “Rencana kedepan untuk kepemudaan, tentu kita akan berkomunikasi dengan organisasi-organisasi kepemudaan di OKI, khusunya karang taruna untuk menjalin silaturahmi dengan organisasi kepemudaan untuk seluruh kegiatan-kegiatan yang memiliki makna positip dalam kegiatan-kegiatan kepemudaan.”